Senin, 29 April 2013

DPRD GELAR RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN PENDAPAT AKHIR FRAKSI DAN PENGESAHAN DUA RAPERDA



Dua Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek yang terdiri dari Raperda tentang Penyelenggaraan Angkutan Jalan dan Raperda tentang Ijin Usaha Jasa Konstruksi akhirnya berhasil diselesaikan pembahasannya oleh Panitia Khusus DPRD Kabupaten Trenggalek bersama Tim Khusus dari Eksekutif.
Dua Raperda yang dinotakan Bupati Trenggalek di hadapan Rapat Paripurna Dewan tanggal 11 Oktober 2012 yang lalu memerlukan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikannya dikarenakan ada beberapa materi raperda yang belum mendapatkan kesepakatan bersama.
Rapat paripurna DPRD dalam rangka pengesahan Dua Raperda yang digelar hari Senin 29 April 2013 dipimpin oleh Samsul Anam, SH. MM, MH. dan dihadiri oleh segenap pimpinan dan anggota DPRD, Wakil Bupati beserta Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, para Kepala SKPD, para Camat Se Kabupaten Trenggalek, Kepala Instansi Vertikal, Kepala BUMN/BUMD serta Ketua Organisasi Wanita dibuka tepat pukul 10.05 WIB diawali dengan laporan Panitia Khusus I, II dan III Pembahas Tujuh Raperda.
Di hadapan Rapat Paripurna DPRD, melalui juru bicaranya masing – masing Pansus secara bergantian menyampaikan laporan terhadap hasil pembahasan Tujuh Rancangan Peraturan Daerah. Setelah Ketiga Pansus menyampaikan laporannya, rapat dilanjutkan dengan penyampaian pendapat akhir fraksi – fraksi terhadap Persetujuan terhadap Tujuh Rancangan Peraturan Daerah untuk ditetapkan menjadi Perda.
Melalui juru bicara fraksi masing - masing, Keenam fraksi yang ada di DPRD hanya menyetujui Dua Raperda dari Tujuh Raperda yang dibahas untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.
Selain persetujuan terhadap Dua Raperda menjadi Perda, dalam kesempatan rapat paripurna tersebut juga disampaikan nota penjelasan terhadap Raperda tentang Kependidikan dan raperda tentang Masyarakat Desa Huta oleh Wakil Bupati Trenggalek Kholiq, SH. M.Si.

Senin, 22 April 2013

DPRD GELAR RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI



Dr. Ir. H. Mulyadi, WR. MMT

Memenuhi amanat pasal 17 Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007, Senin, 22 April 2013 bertempat di Ruang Shaba Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Trenggalek, digelar Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan  Pertanggung-jawaban Bupati Trenggalek Akhir Tahun Anggaran 2012.

Rapat yang dipimpin oleh Samsul Anam, SH. MM, MH. Selaku pelaksana tugas Ketua DPRD, dihadiri oleh segenap pimpinan dan anggota DPRD, Bupati dan Wakil Bupati, Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, para Kepala SKPD, para Camat Se Kabupaten Trenggalek, Kepala Instansi Vertikal, Kepala BUMN/BUMD serta Ketua Organisasi Wanita dibuka tepat pukul 09.35 WIB.

Bupati Trenggalek Dr. Ir. H. Mulyadi WR, MMT. secara bergantian dengan Wakil Bupati Trenggalek H. Kholiq, SH. M.Si. membacakan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Trenggalek Akhir Tahun Anggaran 2012 di hadapan rapat paripurna dewan.

LKPJ yang disampaikan oleh Bupati Trenggalek merupakan wujud pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan program dan kegiatan yang telah disepakati bersama antara Eksekutif dan Legislatif, program – program tersebut tertuang dalam APBD Kabupaten Trenggalek yang disusun berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2012 meliputi urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan.

KOMISI IV DPRD SIDAK PELAKSANAAN UN




Untuk mengetahui secara pasti pelaksanaan Ujian Nasional di Kabupaten Trenggalek, Komisi IV DPRD Kabupaten Trenggalek mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah baik di wilayah perkotaan maupun di wilayah kecamatan.

Sidak dilakukan selama Empat hari terus menerus dimulai tanggal 15 April 2013 dengan mendatangi sejumlah sekolah tingkat SMU/SMK yang berada di wilayah Kecamatan Trenggalek dan SMU/SMK yang berada di wilayah Kecamatan Kampak. Hari Kedua sidak dilanjutkan dengan mendatangi sejumlah SMU/SMK di wilayah Kecamatan Bendungan, sedangkan hari Ketiga dan Keempat sidak dilanjutkan ke sejumlah sekolah di wilayah Kecamatan Watulimo dan wilayah Kecamatan Pule.

Berdasarkan hasil pemantauan lapangan yang dilakukan oleh Komisi IV DPRD yang membidangi pendidikan dan kesejahteraan rakyat, dipastikan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional di Trenggalek berjalan lancar tidak terkendala seperti pelaksanaan ujian nasional di daerah lain.

Sebagaimana diberitakan di media cetak maupun media elektronik, pelaksanaan ujian nasional tahun 2013 tidak berjalan mulus, beberapa provinsi tidak dapat melaksanakan ujian nasional secara serentak pada hari dan tanggal yang telah ditentukan dikarenakan pengiriman soal UN mengalami keterlambatan.

Sidak juga akan dilanjutkan pada pelaksanaan ujian nasional tingkat SLTP yang akan digelar mulai tanggal 22 April 2013 secara serentak di seluruh Indonesia maupun ujian nasional tingkat Sekolah Dasar yang akan digelar tanggal 6 sampai dengan 8 Mei 2013.